Thursday 25 February 2016

Clash Royale vs Clash of Clans

Supercell baru saja merilis sebuah game baru yang berjudul Clash Royale pada bulan januari 2016 yang lalu. Meski merupakan game baru, Clash Royale ternyata tidak lepas dari bayang-bayang kesuksesan COC. Terbukti karakter yang dibawa oleh Clash Royale merupakan karakter turunan dari COC, namun dengan gameplay yang berbeda. Clash Royale VS Clash of Clans, bagaimana ya jika keduanya dibandingkan?

Clash Royale vs Clash of Clans
Sama-sama dikembangkan oleh Supercell, banyak yang mempertanyakan seperti apa kelangsungan Clash Royale ke depannya. Memang COC adalah game yang paling banyak dimainkan sejauh ini, bahkan COC menjadi game mobile yang mendapatkan pendapatan harian terbesar. Siapkah Supercell menghadirkan kembali angin segar untukgame mobile lewat Clash Royale?

Gameplay

Clash of Clans merupakan game strategi yang setiap pemainnya dituntut untuk membangun desa dan melatih pasukan yang kuat, untuk kemudian menghancurkan desa milik lawan. Dalam COC juga kamu dituntut untuk bekerjasama dengan pemain lain lewat sebuah Clans. Keseruan bermain COC akan semakin meningkat seiring dengan Town Hall yang semakin tinggi.
Clash-Royale-VS-COC-3
Sementara Clash Royale merupakan gabungan game strategi yang menggabungkan game tower deffense dengan Collectible Card Game (CCG). Di sini kamu dituntut untuk mengumpulkan banyak kartu yang nantinya digunakan untuk menghancurkan pertahanan Tower lawan. Tapi di saat yang sama, kamu juga harus mengatur strategi untuk melindungi Tower milikmu. Secara gamblang, Clash Royale merupakan gabungan dari COC, Hearthstone, dan Plant VS Zombies. 
Clash-Royale-VS-COC-5

Karakter

Rasanya Jaka tidak harus menyebutkan satu per satu karakter yang biasa kamu mainkan dalam COC. Kamu pasti sudah familiar dengan Barbarian, Archer, Goblin Giant, dan Wizard. Serta masih banyak lagi pasukan lain yang bisa kamu dapatkan dengan terus menaikan level Town Hall desa kamu. 
Clash-Royale-VS-COC-2
Nah, dalam Clash Royale kamu pun akan menemukan beberapa karakter yang biasa kamu mainkan di COC. Bedanya, setiap karakter bisa kamu unlock dengan cara mengalahkan lawan untuk mendapatkan Chest yang isinya kartu untuk dikoleksi. Dalam Chest, kamu bisa menemukan kartu baru yang bisa digunakan untuk upgrade kartu lama, atau bahkan membuka pasukan baru. Setiap karakter memiliki hitpointsdamagetargetsrangedamage per secondhit speed, dan deploy time yang berbeda. Nah, kamu dituntut untuk mengatur strategi agar bisa memberikan damage yang besar dan cepat bagi lawan.
Clash-Royale-VS-COC
Di Clash Royale kamu akan tetap menemukan Gold dan Elixir. Elixir digunakan untuk mengeluarkan pasukan (deploy), dan Gold digunakan untuk upgrade pasukan, serta melakukan Battle.

Tujuan

Seperti disinggung di atas, tujuan bermain game Clash Royale berbeda dengan Clash of Clans. Jika pada Clash of Clans kamu bertujuan untuk membangun desa, dalam Clash Royale tujuanmu adalah menghancurkan raja lawan yang dilindungi oleh tower pertahanan di sampingnya. Kamu bisa langsung menyerang raja, atau menghancurkan pertahan lawan terlebih dahulu agar mendapatkan nilai sempurna di setiap putarannya.
Clash-Royale-VS-COC-4